Header Ads

Header Ads

Maba Ipmafa Belajar Manhaj Public Speaking Baginda Nabi Muhammad SAW



Berita Ipmafa - Kemampuan public speaking yang baik penting dimiliki mahasiswa yang notabene dipersiapkan menjadi agen perubahan di masa mendatang. Hal inilah yang mendasari Musyrif-musyrifah Ma’had Jami’ah Institut Pesantren Mathali’ul Falah (Ipmafa) Pati menggelar Pelatihan Public Speaking bagi mahasiswa baru dari berbagai jurusan beberapa waktu lalu di Ruang Auditorium 2.

“Tujuan utama dilaksanakanya pelatihan ini tentu tak lepas dari betapa pentingnya pengembangan kemampuan publik speaking yang baik bagi mahasiswa,” tutur salah satu musyrifah Ipmafa Umi Latifah.

Hadir sebagai pemateri adalah Kepala SMPQT Yanbu’ul Qura’an 1 Pati Sahal Mahfidh. Selain karena kemampuannya dalam bidang tersebut, Sahal juga merupakan alumni IPMAFA 2014 yang telah sukses berkarir melalaui karya-karyanya.

Dalam pelatihan tersebut, Sahal menyampaikan materi bertema “Belajar Manhaj Public Speaking Baginda Nabi Muhammad SAW”.


“Menurut saya pemilihan tema tersebut bukan tanpa alasan, sebagai uswatun hasanah bagi umat Islam baginda Nabi Muhammad SAW sebenarnya telah mengajarkan bagaimana manhaj atau cara public speaking yang baik, seperti harus berbicara dengan jelas dan pelan-pelan agar apa yang disampaikan dapat diterima dengan mudah oleh audience,” tutur ayah 2 anak tersebut kepada peserta pelatihan.

Selain itu, Sahal juga menyampaikan beberapa beberapa tips dan metode public speaking yang sering digunakan pada umumnya, seperti menghafal, membaca teks dan membuat catatan kecil.
Tak lupa pada sesi titik jenuh peserta, Sahal memberikan selingan beberapa game agar peserta kembali bersemangat.

“Dalam menyampaikan public speaking kita harus menggunakan kata-kata yang universal, agar mudah dipahami, dan  harus berani bertanggung jawab atas semua yang kita sampaikan,pungkas Sahal. (Nadila Latifatun Nikmah/Redaksi)