Header Ads

Header Ads

Makalah Sulit? Musyrif/ah Ma’had Jami’ah Ipmafa Gelar Pelatihan Maba


Berita Ipmafa – Guna mengusir prasangka bahwa pembuatan makalah itu sulit dan membutuhkan keahlian khusus, maka Musyrif/ah Ma’had Jami’ah Mathali’ul Falah menggelar Pelatihan Menulis Makalah bagi mahasiswa baru (maba) di Auditorium II Institut Pesantren Mathali’ul Falah (12/9) yang langsung dimentori oleh salah satu musyrifah, Hafilda.
Tidak hanya mendengarkan pemateri mahasiswa baru juga dihimbau membawa laptop untuk melakukan praktik langsung membuat makalah setelah materi selesai disampaikan.
“Sehubungan dengan sudah dimulainya jadwa perkuliahan, Pelatihan ini dilaksanakan guna memberi pembekalan untuk mahasiswa baru agar tidak kesulitan dalam mengerjakan tugas menulis makalah yang diberikan oleh dosen,” tutur Hafilda.
Sebagaimana pembuatan makalah pada umumnya Hafilda menyampaikan materi tentang bagaimana prosedur yang digunakan dimulai dari pembuatan cover makalah, penulisan isi makalah sampai dengan  penulisan daftar pustaka serta penggunaan catatan kaki.
Sebagai tambahan Hafilda menyampaikan tentang penulisan karya tulis ilmiah dan dampak atau efek plagiarisme dalam penulisan makalah. Hal tersebut sebagai antisipasi agar mahasiswa baru yang membuat tugas makalah tidak melakukan tindakan copy paste terhadap makalah yang disuguhkan dalam website.