Header Ads

Header Ads

Hiking Bahasa Perkuat Skill Bahasa Asing Mahasiswa IPMAFA


“The Urgency of learning Arabic and English in this Era”, demikian tema yang mendasari terlaksananya agenda Hiking Bahasa di Taman Kopeng Salatiga Semarang untuk mahasiswa Integrasi IPMAFA tahun ajaran 2018/2019, Rabu (1/5/19). Hiking Bahasa menjadi salah satu program unggulan Integrasi Ma’had untuk memaksimalkan skill bahasa asing para mahasiswa.

Pemberangkatan yang dimulai dari Kampus IPMAFA pukul 02.00 dini hari tak membuat surut para peserta untuk tetap mengikuti acara tersebut. Semangat haus akan ilmu atau "Khirs" ditunjukkanya. Tak kurang dari 175 mahasiswa berbagai Prodi mengikuti program Zarkasi dengan didampingi Dr Ali Subhan MA sekeluarga.

Kegiatan pengembangan skill bahasa asing ini merupakan salah satu program pendidikan integratif yang digagas oleh Musyrif-Musyrifah Institut Pesantren Mathali’ul Falah. Program Zakrkasi diagendakan oleh Seksi Bahasa Mahad secara kontinu setiap tahun bagi mahasiswa baru. Sebelumnya Zarkasi sudah dilaksanakan di berbagai lokasi seperti Muria, Candi Gedung Songo, maupun Kampung Inggris Pare.


Dalam hiking ini, beberapa kegiatan untuk mengasah bahasa dilaksanakan dengan membuat beberapa pos-pos Game yang mengasah skill Writing/ Kitabah, Speaking/Kalam, Listening/ istima’, serta Qiraah/ Reading. Kegiatan tersebut berupa game Sambung Kata, Spider Trap, PBB, Describe Flowers,dan masih banyak lagi.