Header Ads

Header Ads

Tips Kuasai Public Speaking Bersama Gus Farid


Pelatihan Public Speaking kembali diselenggarakan oleh Musyrif-musyrifah masa Khidmat 2018/2019, Senin (10/12/18) di aula I IPMAFA. Acara tersebut untuk memberi pembekalan kepada mahasiswa dalam memiliki skill komunikasi yang baik. Dengan menghadirkan alumni Ipmafa, Muhammad Farid Abbad SSos (Gus Farid) sebagai narasumber, pelatihan public speaking sukses dilaksanakan dengan antusias tinggi dari mahasiswa selama kegiatan.

Di hadapan lebih dari 100 mahasiswa yang hadir, Farid menyampaikan bahwa nervous atau gerogi, teknik public speaking kurang dikuasai, dan belum matangnya penguasaan materi sering kali menjadi momok serius untuk berbicara di depan umum. Setiap orang dilahirkan tidak untuk menjadi speaker, tetapi menjadi seorang speaker dapat dibentuk 30% dari lingkungan, 50% dari latihan, dan hanya 20% dari bakat yang dimiliki. Teknis komunikasi ini meliputi bagaimana melatih teknik variasi suara, ekspresi wajah, kontak mata, serta bahasa tubuh, semua itu wajib dilakukan bagi speaker.

Disampaikan pula Teori Confusius “Apa yang saya dengar, saya lupa. Apa yang saya lihat, saya ingat. Apa yang saya kerjakan, saya pahami.” Menurut Farid, berusaha fokus dan menghadirkan kepekaan rasa ataupun kesadaran di setiap kegiatan yang dijalani perlu dimiliki oleh seorang speaker. Selain itu penting menerapkan Pola TRANS; Terima, Rasakan, Alami, Nikmati, serta Syukuri. Semua itu bila diterapkan pada diri seseorang akan menjauhkan dari tekanan yang sifatnya menurunkan semangat.

“Seorang speaker perlu membangun kepercayan diri, selalu belajar dari pengalaman, siapkan materi dengan baik, pahami penyebab nervous. Cobalah aktif menyampaikan gagasan, minimal bertanya jangan hanya tidur, ikuti alur di kelas, coba latih mental diri, tingkatkan  di forum-forum besar, bangkitkan rasa percaya diri, perbanyak jam terbang, latih dengan tujuan menghindari nervous walaupun pada dasarnya kurang berbobot, perkaya diri dengan membendaharaan kata, serta masuk di organisasi.” Itulahj tips-tips yang disampaikan Gus Farrid.