Header Ads

Header Ads

Program Integrasi Mahad: Dialog Kesehatan Untuk Wujudkan Indonesia Sehat



Pati, Jum'at (23/3/18), telah diadakan Pelatihan Dialog Kesehatan dengan tema “Mahasiswa turut wujudkan Indonesia Sehat” sebagai salah satu agenda Program Integrasi Institut Pesantren Mathaliul Falah (IPMAFA) tahun ajaran 2017/2018. Kegiatan yang diselenggarakan kepengurusan musyrif-musyrifah Sie Kegiatan ini menjalin kerjasama dengan Puskesmas Margoyoso 2 Pati.

Dalam pelatihan ini dihadiri para mahasiswa semester 2 dan diisi oleh dr. Moh Danur Khusna, Kepala Puskesmas Margoyoso 2 dan Edi Sugiarto AMK, Sie. Promosi dan pemberdayaan Puskesmas Margoyoso 2.

Dialog dua arah yang berlangsung kurang lebih 2 jam ini diikuti para peserta dengan penuh antusias menyimak dan merespon pemaparan dari kedua narasumber. Dalam kesempatan itu dibahas secara detail tentang konsep sehat meliputi definisi, paradigma dan tujuan PHBS (prilaku hidup bersih dan sehat), program Indonesia sehat, GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat), serta kebijakan pembangunan kesehatan.

Terselenggaranya pelatihan ini diharapkan dapat mendorong mahasiswa untuk ikut andil dalam mewujudkan Indonesia Sehat, baik dilakukan secara preventif maupun represif. Upaya mewujdukan Indonesia sehat tidak bisa dilakukan oleh hanya lembaga-lembaga kesehatan, tetapi oleh seluruh komponen masyarakat yang ada, terutamanya dari pribadi masing-masing.