Header Ads

Berita Mahad
recent

Selamat Datang Bulan Sya'ban 1437 H!

Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mengeluarkan ikhbar bahwa 1 Sya'ban 1437 H jatuh pada 8 Mei 2016. Ketetapan ini berdasarkan hasil observasi tim rukyat Lembaga Falakiyah NU yang berhasil melihat hilal dari sejumlah daerah, Sabtu (7/5) petang.

Bulan sabit tanda awal bulan di antaranya berhasil dilihat di Bukit Condrodipo, Gresik, Jawa Timur oleh Ustadz Muchyiddin Hasan (36) dan Sholahuddin (48) dari LFNU Kabupaten Gresik pada pukul 17:39 WIB dengan ketinggian 4 derajat 02' 16"; Syamsul Ma'arif (34) dari LFNU Kabupaten Mojokerto pada pukul 17:45 WIB dengan irtifa' 2 derajat 42' 18"; dan Syamsul Fuad (47) pada pkul 17:46 WIB. Hilal juga terlihat di Pelabuhan Ratu Sukabumi, Jawa Barat. Saksinya adalah KH M Yahya dari Sukabumi pada pukul 17:48 WIB di ketinggian 7'48''.

Ketua Lembaga Falakiyah PBNU KH A Ghazalie Masroeri mengucapkan terima kasih kepada Nahdliyin dari berbagai daerah dalam pelaksanaan rukyat kali ini. Atas hasil pantauan hilal tersebut, Ahad ini, atau persisnya sejak malam Ahad, Sya'ban sudah mulai menapaki hari pertama.

Sya'ban merupakan bulan kedelapan dalam kalender hijriah. Sya’ban berasal dari kata syi'ab yang artinya jalan di atas gunung. Bulan ini menjadi jalan umat Islam untuk kian mempersiapkan diri menghadapi bulan paling istimewa sesudahnya, yakni Ramadlan. Marhaban ya syahra Sya'bana. Selamat datang, wahai bulan Sya'ban! (Mahbib)

Sumber: NU Online
Powered by Blogger.