Header Ads

Header Ads

Pertahankan Ciri “Salafiyah” di Tengah Kepungan Madrasah Umum

Di tengah kepungan sejumlah madrasah dan sekolah umum di sekitarnya, madrasah salaf ini tetap teguh mempertahankan kemurnian tradisi salafiyahnya. Tradisi kurikulum berbasis kitab salaf tetap lestari, hafalan kitab kuning, hingga memulai tahun ajaran baru yang berbeda dengan sekolah atau madrasah yang lain.<>

Pasalnya, madrasah kuno yang mengajarkan 70 persen pelajaran agama dan 30 persen pelajaran umum ini memulai pelajarannya pada bulan Syawwal, bukan Juli seperti sekolah lain. Meski lebih banyak agamanya, pada tahun 1951 disusun kurikulum resmi pelajaran umum yang memasukkan Bahasa Inggris dengan pengajar KH M Rodli Sholeh, salah seorang Rais Syuriyah PBNU, dari Jakarta.

Madrasah apakah itu? Dialah Perguruan Islam Mathali’ul Falah (PIM). Madrasah yang akrab disebut Mathole’ ini kini berdiri megah di Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Tepatnya di daerah Kulon Banon, sebelah barat maqbarah waliyullah Syeikh Ahmad Mutamakkin.

Selain Mathali’ul Falah, terdapat beberapa lembaga pendidikan lainnya yang melayani para santri di Kajen. Sebut saja Madrasah Salafiyah, Madrasah PRIMA, Madrasah PGIP Hadiwijaya, dan SMK Cordova. Di luar Kajen, sejumlah terdapat madrasah milik desa sebelah seperti Khoiriyah (Waturoyo), Darun Najah (Ngemplak), Manabi’ul Falah (Ngemplak). Masing-masing madrasah satu dengan lain saling melayani tanpa adanya konflik.

PIM didirikan oleh KH Abdussalam pada tahun 1912. Tujuan utamanya mendidik dan mempersiapkan kader-kader bangsa sebagai insan yang memahami agama secara mendalam (tafaqquh fi al-din) baik teori maupun praktik. Harapannya, alumni perguruan ini mampu berperan aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara (sholih) dalam semangat ketuhanan yang luhur dan terpuji sebagaimana diteladankan Rasulullah SAW (akrom).

Perguruan ini dalam perjalanannya tidak pernah berhenti membimbing siswanya menuju titik kulminasi, yakni “Tafaqquh fi al-Din menuju Insan Sholih-Akrom”. Tujuan inilah yang sampai sekarang dijadikan sebagai pijakan dan visi utama dari penyelenggaraan pendidikan di Mathole’.

Setelah satu abad terlewati (1912-2015), perguruan ini terus mengalami banyak perkembangan di sana-sini. Pada awal berdirinya ketika dipimpin sang pendiri, perguruan ini akrab disebut “Sekolah Arab”. Kemudian pada masa berikutnya ketika dipimpin sang putra, KH Mahfudh Salam (1922-1944), perguruan ini diberi nama Mathali’ul Falah (tempat munculnya orang-orang sukses) dengan kurikulum klasikal dari shifir awwal,tsani dan tsalis.

Pada masa kepemimpinan putra yang lain, KH Abdullah Zen Salam, yang dibantu KH Muhammadun Abdul Hadi (1945-1963), mulai dikembangkan sistem penjenjangan: kelas 1-6 Ibtidaiyah dan kelas 1-3 Tsanawiyah. Selanjutnya di era kepemimpinan KH MA Sahal Mahfudh (1967-2014) dikembangkan lagi menjadi Aliyah untuk putra dan Mu’alimat untuk putri, serta Diniyah Ula dan Wustho. Pendirian Diniyah ini dimaksudkan untuk menampung lulusan SD dan SMP dengan materi agama khusus. Sepeninggal Kiai Sahal, sang Rais Aam Syuriah PBNU tiga periode pada Januari 2014, perguruan ini dipimpin KH Ahmad Nafi’ Abdillah, putra KH Abdullah Salam.

PIM Kajen ini merupakan satu-satunya madrasah yang menggunakan nama resmi “Perguruan Islam.” Ini tentu bukan tanpa maksud, namun ada tujuan di baliknya. Konon, muncul cerita kenapa Kiai Sahal memberi nama “Perguruan Islam” pada Mathali’ul Falah bukan “Madrasah” lantaran spirit dinamisme. Artinya, Kiai Sahal berharap para guru dan anak didik PIM rajin membaca dan mengikuti perkembangan ilmu dan informasi sehingga tidak ketinggalan zaman. Istilah anak muda sekarang disebut “kudet” alias kurang apdet (update-red).

Kukuh Berdiri di Kampung Santri

Perguruan Islam Mathali’ul Falah yang kukuh berdiri di “kampung santri” bernama Kajen ini tentu tak bisa lepas dari sejarah Kajen itu sendiri. Kajen merupakan sebuah desa kecil di Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati. Dari ibukota Pati, Kajen berjarak kurang lebih 18 Km ke utara. Jika kita berkunjung ke sana dari Semarang, kita bisa naik bus jurusan Surabaya, lalu turun terminal Pati atau halte Puri, sebuah perempatan yang sangat terkenal di daerah itu.

Dari terminal atau Puri, pengunjung naik bus jurusan Tayu turun di pertigaan Desa Ngemplak. Lalu berlanjut naik kendaraan kecil lainnya seperti ojek atau delman yang selalu setia mengantar hingga Desa Kajen. Kajen adalah desa yang sangat padat penduduknya, kendati di luar desa tersebut masih membentang sawah dan tegal yang luas. Luas tanah Kajen sekitar 66.660 ha (0.65 km2) yang terdiri dari 4.710 ha tanah tegalan. Sisanya merupakan tanah pekarangan dan bangunan rumah penduduk.

Secara administratif, Kajen berbatasan dengan empat desa yang mengitarinya. Di sebelah selatan berbatasan dengan Ngemplak Kidul, timur dengan Sekarjalak, utara dengan Waturoyo, dan barat dengan Ngemplak. Kajen praktis di tengah-tengah. Desa yang tak punya sawah atau tambak ini terdiri atas 11 RT dan 2 RW dengan jumlah penduduk asli kurang lebih 3700 jiwa.

Di Kajen terdapat tak kurang dari 40 pesantren. Hampir setiap rumah para kiai atau guru Mathole’ dan beberapa madrasah lainnya merupakan tempat mukim santri. Setidaknya 7000 santri mukim di desa ini. Di antara para kiai, santri, dan warga tercipta hubungan simbiosis mutualisme sehingga Kajen sangat memenuhi syarat disebut sebagai “kampung santri”. Tidak ada konflik terbuka antarkiai, juga tidak ada kesan persaingan antarpesantren.

Santri Wajib Nulis “Skripsi”

Selain ada hafalan kitab kuning sebagai syarat kenaikan kelas sebagaimana tradisi di Pesantren Raudlatul Ulum Guyangan, satu keunikan Mathole’ adalah tradisi mencipta “skripsi” menjelang kelulusan. Tradisi ala kampus ini disebut KTA (Karya Tulis Arab). Dalam menyusun karya tulis ber-Bahasa Arab ini, para santri didampingi seorang musyrif (pembimbing). Membuat KTA menjadi syarat wajib bagi siswa kelas tiga aliyah. Tanpa membuatnya, seorang siswa tidak bisa mengikuti ujian catur wulan.

Tradisi ini mulai diwajibkan sejak tahun 1998. Tujuan program ini untuk mengembangkan dan melestarikan budaya tulis-menulis di kalangan pesantren yang kian surut. Diharapkan budaya serta kemampuan tulis siswa meningkat sehingga ke depan bisa menghasilkan karya yang bermanfaat. Setelah penulisan KTA selesai, penulisnya lalu diuji untuk mengetahui sejauh mana mereka memahami dan menguasai terhadap apa yang ditulisnya. Ujian ini ibarat pertanggungjawaban terhadap apa yang ditulis. Di sinilah nilai-nilai amanah serta tanggung jawab ditanamkan.

Menurut KH Abdul Ghaffar Rozien, santri PIM sudah sejak Ibtidaiyyah dibekali nahwu, sharaf, dan ilmu tatabahasa arab lainnya. Sejak Aliyah mereka mendapatkan ilmu balaghah. Bahkan, di setiap jenjang ada praktik Insya’ (mengarang bahasa arab). KTA dimaksudkan sebagai salah satu media bagi santri PIM mempraktikkan teori dan kecakapan berbahasa Arab secara akademik.

Gus Rozien, sapaan akrabnya, menambahkan, melalui program itu pula para santri memulai riset sederhana. Tentu saja, mereka harus membaca berbagai macam buku referensi. Dari sini mereka berlatih berpikir akademis. Dengan demikian, mereka akan terbiasa menghadapi berbagai macam bentuk tulisan dan perbedaan pendapat ilmiah. “KTA ini dijadikan salah satu indikator keberhasilan pembelajaran Bahasa Arab sekaligus sebagai bahan evaluasi,” ujar putra Kiai Sahal ini.

Tak ayal, tradisi ini membentuk tradisi intelektual alumninya. Pengaruh alumni dan PIM Kajen dalam konteks Jawa Tengah, bahkan nasional, sungguh terasa dan cukup menjadi pusat inspirasi berbagai kalangan. Transformasi sosial di PIM telah menelorkan sejumlah intelektual muda seperti Imam Aziz, Ulil Abshar Abdalla, Badriyah Fayumi, Marwan Ja’far, dan Abdul Ghaffar Rozien.

Imam Aziz, salah satu Ketua PBNU, saat jadi aktivis di Yogyakarta mendirikan lembaga Kajian Islam dan Sosial (LKiS). Ulil Abshar Abdalla dikenal sebagai penggagas Jaringan Islam Liberal yang cukup menghebohkan. Badriyah Fayumi merupakan anggota FKB DPR yang mengawal kebijakan di bidang Pendidikan. Marwan Ja’far setelah terpilih kedua kalinya sebagai anggota DPR belakangan dilantik Presiden Jokowi sebagai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Lalu, Abdul Ghaffar Rozien penjaga gawang di Kajen sekaligus direktur Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA).

Sebagai penerus Kiai Sahal Mahfudh, Gus Rozien berkomitmen tetap teguh mempertahankan substansi salafiyah kendati zaman terus berganti. Manfaatnya tentu saja memelihara tradisi, ilmu, dan akhlaq ulama salaf. “Tentu saja kami melakukan penyesuaian yang diperlukan agar santri PIM menjadi insan shalih serta dapat menyesuaikan diri dengan zaman dan lingkungan masing-masing,” pungkasnya. (Musthofa Asrori)