Training Public Speaking Perkuat Mentalitas Santri

67

Pati, Jum’at (10/11/2017), telah diadakan Pelatihan Public Speaking sebagai bagian dari Program Integrasi Ma’had bagi Mahasiswa Baru Institut Pesantren Mathaliul Falah (IPMAFA). Pelatihan diselenggarakan oleh para pengurus dari Musyrif-Musyrifah untuk tahun ajaran 2017/2018.

Pelatihan yang bertempat di Aula Ma’had Banat Jami’ah Mathaliul Falah ini diisi oleh motivator sekaligus Kepala Prodi PMI, Bapak Faiz Aminuddin MA dengan dihadiri seluruh mahasiswa baru dari berbagai Prodi.

Selam acara, mahasiswa diberi berbagai teknik dan tips terkait public speaking seperti bagaimana menjadi public speaker yang baik dan teknik penyampaian yang mampu meyakinkan audiens. Salah satu tips public speaking adalah seorang public speaker dituntut mampu menyampaikan materi yang ringan, tetapi memahamkan, serta dapat menyelingi dengan humor, lagu, ataupun sejenis pantun agar pembicara terasa berinteraksi dengan audiens.

Faiz juga berpesan bahwa untuk menjadi public speaker yang ideal diperlukan usaha yang serius dan terus menerus. “Sukses tidaknya seseorang, dapat dilihat dari apa yang dilakukannya sekarang”, tuturnya.

Di penghujung acara, mahasiswa melakukan simulasi untuk mempraktekkan materi yang telah disampaikan. Dengan pelatihan ini, diharapkan dapat mendorong mahasiswa agar berlatih dan kelak menjadi pembicara publik yang baik di kehidupan sehari-hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here