Mahasiswa Program Integrasi Adakan Hiking Bahasa

76

Di penghujung program akademik Mahad, mahasiswa Integrasi IPMAFA mengikuti kegiatan tour sebagai salah satu program penguatan Bahasa Asing. Program tersebut mereka sebut Hiking Bahasa dan Zarkasi yang memiliki dua destinasi utama yaitu Candi Gedung Songo Bandungan Semarang dan Villa Kedai Kopi Sarungan, Ungaran (5/5/2018).

Terdapat antusiasme besar dari para peserta yang dibuktikan dengan ada lebih dari 120 mahasiswa yang ikut dari kampus IPMAFA (Institut Pesantren Mathali’ul Falah), Pati dini hari tepatnya pukul 02.30 WIB.

Selama kegiatan Hiking Bahasa ini, sambil menikmati rintangan alam Candi Gedung Songo, peserta diberi berbagai kegiatan menarik seperti game bahasa yang dipandu oleh Musyrif-Musyrifah. Di antaranya ada game Tholabul Mufradat, Let continue my word, Tarkibul roqmi, dan Guess the word.

Berlanjut dengan kegiatan FGD (Foccus Group Discussion) yang melatih mahasiswa lebih aktif dan tanggap merespon permasalahan yang dimunculkan. Terdapat hal yang unik dalam FGD yang dilaksanakan, adanya pemakaian dua bahasa yakni bahasa Arab dan bahasa Inggris yang dipadukan dalam waktu yang bersamaan. Dari kegiatan ini juga diselipkan ziarah ke Makam Syekh Jumadil Kubro.

Kegiatan berbasis hiking dikemas agar mahasiswa mampu meningkatkan kualitas skillnya dalam berbahasa Arab dan berbahasa Inggris. Selain itu juga ditujukan agar mampu menerapkan kemampuan berbahasa asing dalam aktivitas kesehariannya, serta sebagai media refresing mereka setelah melalui dua semester dalam Kursus Bahasa Asing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here