Kegiatan Program Integrasi Ma’had: Pelatihan Mengurus Jenazah

172

Pati, Jum’at (15/12/2017), diadakan Pelatihan Ubudiyah tentang tatacara mengurus jenazah sebagai salah satu agenda Program Integrasi Mahasiswa Baru Institut Pesantren Mathaliul Falah (IPMAFA) tahun ajaran 2017/2018. Pelatihan ini diselenggarakan oleh kepengurusan Musyrif/ah Bidang Peribadatan.

Pelatihan yang bertempat di Aula Ma’had Banat Jami’ah Mathaliul Falah ini dihadiri oleh semua mahasiswa baru dengan dibimbing oleh Bapak Arwani,  Sie. Kesra Desa Kajen. Para peserta sangat antusias menyimak tiap materi yang disampaikan oleh Arwani.

Dengan kehumorisannya, disampaikan berbagai materi dalam mengurus jenazah, diantaranya mengenai bagaimana langkah-langkah, syarat-syarat apa saja yang dipenuhi dalam memandikan, mengkafani, menshalati, serta mengubur mayat baik mayat laki-laki maupun mayat perempuan yang tepat, tertib dan sesuai syariat.

Di sela-sela pelatihan diikuti dengan beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh peserta yang hadir seperti bagaimana mengurus jenazah yang diluar dari kebiasaan, misalnya ketika terdapat jenazah yang meninggal sehabis kebakaran, maupun ketika jenazah kaku dan sulit untuk memposisikannya kedua tangan dengan benar.

Dalam kesempatan itu Arwani berpesan bahwa jangan pernah malu untuk menjadi seorang Modin yang bertugas mengurus jenazah, bagi perempuan khususnya, karena dalam perkembangannya zaman sekarang telah banyak Modin-modin perempuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here