Empat Pesan KH Subhan Salim Saat Ngaji Syarah Fathul Qorib

207

Dengan dibukanya Orientasi Ma’had dan Program Integrasi Mahasiswa Institut Pesantren Mathaliul Falah (IPMAFA) tahun 2017, beberapa rutinitas khas pesantren mulai dilasanakan. Salah satunya ngaji bandongan berupa Kitab Syarah Fathul Qorib karya Muhammad Ibnu Qoshim Al-Ghazi, setiap hari Ahad malam Senin di Aula Banat Ma’had.

Ngaji kitab kuning ini diikuti oleh semua santri Ma’had dengan dibimbing oleh KH Subhan Salim MPd. Pada pertemuan pertama kemarin (17/9/2017), Bapak Subhan mengingatkan akan 4 hal yang harus diketahui oleh seseorang penuntut ilmu.

Hal pertama yang perlu diperhatikan bahwa menuntut ilmu perlu dilandasi di atas niat yang ikhlas mencari ridho Allah SWT. Kedua, perlu mengetahui prinsip-prinsip dasar yang terdapat dalam Mabadiul Ashrah karya Imam Rosyid. Ketiga dalam mengenal karya ulama sebaiknya mengetahui tentang Biografi penulis, mengenai Imam fiqh 4 Mazhab, maupun lain sebagainya.

Yang terakhir santri harus dapat mengambil pelajaran dari nilai-nilai yang diajarkan dari setiap disiplin ilmu dan mampu membangun karakter seperti fiqh, hadist, dan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here