Program Integrasi Resmi Dibuka

67

IMG20170918205553-min

Pati, (16/9/2017) Ma’had Jamiah Institut Pesantren Mathaliul Falah (IPMAFA) secara resmi membuka Orientasi Ma’had dan Pendidikan Integratif Mahasiswa IPMAFA untuk tahun ajaran 2017/2018. Kali ini tema yang diangkat “Mentradisikan nilai-nilai Pesantren diperguruan tinggi”.

Bertempat di Aula Ma’had Banat, kegiatan berlangsung di malam hari dan diikuti oleh seluruh mahasiswa baru IPMAFA, santri ma’had, para pengasuh. Acara juga dihadiri Rektor IPMAFA Abdul Goffarozin MEd (Gus Rozin) selaku mudir Ma’had dan KH Liwa’uddin.

IMG20170918211543-minDalam kesempatan itu Gus Rozin memberikan pengarahan kepada semua pihak khususnya para santri yang akan mengikuti program kema’hadan dan membuka secara langsung program Integrasi tahun 2017.

Dengan dibukanya Program Integrasi, pendidikan di lingkungan kampus IPMAFA diterapkan dengan menyatukan nilai-nilai kekampusan dan kema’hadan yang syarat akan penanaman nilai moral. Dalam program tersebut terdapat peletakan nilai-nilai yang pragmatis dan filosofis. Generasi sekarang harus bersiap diri untuk meraih keberhasilan di era milenial ini.

“Sebagai Generasi Millenial kita perlu menyadari bahwa keberhasilan suatu program berada di tangan kita sendiri.” tegasnya.

Dalam orientasi dipaparkan berbagai program dari Mabna (Pengurus) maupun dari kepengurusan Musyrif/ah meliputi tata tertib, berbagai program, serta jadwal kegiatan secara terperinci. Meskipun orientasi berlangsung cukup singkat, namun dengan kedatangan KH Liwa’uddin sebagai narasumber cukup memberikan penerangan dan pemahaman lebih mengenai nilai etika dalam pesantren yang kian menghilang di kalangan santri.

Ceramah disampaikan secara khas oleh KH Liwa’ dan diselingi berbagai kisah dan canda tawa yang didalamnya tersirat berbagai pesan kepada mahasiswa agar menjaga nilai etika dalam menuntut ilmu. Salah satu etika penting dalam menuntut ilmu adalah rasa takdzim (memliakan) kepada guru, berterimakasih kepada keberhasilan. KH Liwa’ juga berpesan pada para santri agar tidak pernah mengabaikan yang amalan yang sunnah karena dengan mengabaikan itu akan mampu mengabaikan yang fardhu pula.

IMG20170918214434-min

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here