Santri Ma’had Ngaji Akhlak Bersama KH Asnawi Rachmat Kajen

254

8

Purworejo (12/09/2017), Santri Ma’had Jamiah Institut Pesantren Mathaliul Falah (IPMAFA) secara rutin melaksanakan kegiatan ngaji mingguan. Salah satunya ngaji kitab Ta’lim al-Muta’allim untuk memperkuat dan menanamkan budi pekerti bagi para santri. Kegiatan Ngaji ini menunjukkan dimulainya kegiatan di Ma’had Jami’ah untuk semester ganjil tahun 2017.

Kegiatan ngaji yang dilaksanakan setiap malam Rabu ba’da sholat Magrib ini diampu oleh KH Asnawi Rachmat dari Kajen dan bertempat di Aula Banat Ma’had Jamiah IPMAFA. Kegiatan diikuti oleh seluruh santri Banat maupun Banin dari semester satu hingga semester akhir dengan penuh khidmat.

Dalam pertemuan perdana ini, KH Asnawi memberikan pesan akan kemuliaan seseorang yang hakikatnya tidak berasal dari kesungguhan manusia, melainkan dari Fadzal atau kehendak dan kemurahan yang diberikan Allah Swt., sehingga manusia tetap wajib untuk bersungguh-sungguh berikhtiar dalam meraih Fadzal-Nya melalui akhlak yang baik.

Disebutkan bahwa falsafah padi perlu untuk selalu diterapkan dalam kehidupan, dimana semakin bertambahnya ilmu seseorang, menjadikan dia tidak akan sombong dengan yang dimilikinya. Sebaliknya orang yang sombong berarti menandakan kurangnya ilmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here