Indahnya Kegiatan Santri Ma’had Di Malam Nishfu Sya’ban

209

Malam Nishfu Sya’ban yang jatuh pada hari Kamis malam Jum’at, 11 Mei 2017 menjadi momentum  bagi para santri Ma’had Jamiah Mathali’ul Falah untuk melakukan amalan khusus bulan Sya’ban. Mereka mengawalinya dengan shalat maghrib berjama’ah kemudian membaca surah Yasin tiga kali dan dilanjutkan dengan tahlil dan doa bersama yang dipimpin oleh musa’id mudir (pembantu pengasuh) Dr Ali Subhan.

Kegiatan ini biasa dilakukan sebagai bentuk upaya melestarikan kegiatan dan nilai pesantren di lingkungan kampus IPMAFA sehingga ada keseimbangan antara perkembangan dengan tradisi dahulu yang positif sesuai kaidah al muhafazah ala al qodim as shalih wal akhzu bil jadid al ashlah (Melestarikan tradisi lama yang baik dan mengambil tradisi baru yang lebih baik).

Pelaksanaan acara bertempat di aula mabna banat Ma’had Jami’ah pukul 18. 00 – 19.30 WIB yang diikuti semua santri banin dan banat. Setelah melakukan amalan nishfu sya’ban ini para santri melakukan shalat Isya’ berjama’ah yang dilanjutkan dengan makan bersama dengan ciri khas kesederhanaan pesantren yakni memakai wadah nampan dan menggunakan tangan atau muluk.

“Sebelum kita semua sampai di bulan Ramadhan dengan berbagai amal ibadah di dalamnya, kita perlu melakukan persiapan. Untuk itu telah disediakan moment-moment yang berfungsi sebagai lahan persiapan, termasuk amalan Nishfu Sya’ban. Malam ini merupakan malam yang mulia dimana semua catatan amal kita selama satu tahun ditutup dan dilaporkan kepada Allah SWT. Maka, dalam momentum ini semoga amalan yang kita laksanakan diterima oleh Allah SWT, semua kesalahan kita, ibu bapak, dan keluarga kita diampuni.”, tutur pengasuh Ma’had Ali Subhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here