Musyrif-Musyrifah Perkuat Skill Berbahasa Asing di Kampung Inggris Pare

128

Sebagai rangkaian kegiatan Language Trip dan Zarkasi, para Musyrif-Musyrifah Ma’had Jami’ah Mathali’ul Falah menyelenggarakan seminar dan praktek skill berbahasa asing di Kampung Inggris Pare Kediri, Selasa, (02/5/2017). Kegiatan yang dilaukan sejak pagi pukul 08.30-13.00 ini mereka beri tema tema “Urgensi Belajar Bahasa Arab dan Inggris di Era Globalisasi”.

Event ini diisi oleh dua narasumber Miftahul Maesaroh MPd yang memaparkan banyak hal terkait materi urgensi belajar bahasa Arab, dan narasumber kedua Miftahul Asror MPd menyampaikan materi tentang urgensi belajar bahasa Inggris.

Perhelatan acara dilaksanakan di aula Camp Genta, Desa Tulungrejo Pare Kediri, Jawa Timur. Sejumlah 54 Peserta yang hadir dalam event ini meliputi dosen pendamping, perwakilan mahasiswa baru dan sebagian mahasiswa lama dari masing-masing program studi Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) Pati Jawa Tengah.

Program seperti ini sengaja diselenggarakan oleh para musyrif-musyrifah untuk memberikan suasana baru di luar lingkungan kampus IPMAFA sehingga menambah antusias dan semangat mahasiswa. Terlebih setelah pemaparan materi dari kedua narasumber, forum dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan sesi game terpadu pembelajaran dan hiburan.

“Belajar bahasa Arab merupakan sebuah keharusan khususnya di era globalisasi. Bahasa Arab menjadi bahasa keilmuan Islam, Al-Qur’an, Hadist, dan lainnya berbahasa Arab. Seringkali ketika kita membaca buku–buku terjemahan yang berkaitan dengan pembahasan agama Islam,  kita menemukan maksud dari penulis asli yang terreduksi. Maka, untuk memahami agama Islam secara menyeluruh kita harus mempelajari bahasa Arab”, tutur Miftah.

“Language is not about talent, but language is about practice. Barang siapa menguasai bahasa suatu kaum, maka dia akan selamat dari makar atau tipuan kaum tersebut.” tambah narasumber kedua yang akrab disapa Ari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here