Musyrif-Musyrifah Ma’had Selenggarakan Language Trip dan Zarkasi

102

Musyrif-Musyrifah yang bertugas memimpin, membina dan mendampingi mahasiswa baru Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) dalam program pendidikan integratif periode 2016-2017 ini, sejak awal tahun telah mencanangkan Language Trip dan Zarkasi (ziarah & rekreasi) sebagai program tahunan. Pada akhrinya pada hari Selasa-Rabu, 02-03 Mei 2017, kegiatan ini dapat terlaksana.

Kegiatan ini merupakan program gabungan Musyrif-Musyrifah dari seksi bahasa dan seksi peribadatan-keamanan bekerja sama dengan MOB English Course, salah satu lembaga kursus bahasa Inggris di Pare.

Rangkaian acara yang diselenggarakan adalah workshop bahasa dengan tema “Urgensi Belajar Bahasa Arab dan Inggris di Era Globalisasi” ini dihelat di kampung Inggris Tulungrejo, Pare, Kediri pada hari Selasa (2/5), dengan menghadirkan dua narasumber yaitu Miftahul Asror MPd dan Miftahul Maesaroh MPd. Kemudian dilanjutkan rekreasi di Masjid Tiban, Turen, wisata Coban Rondo, Malang, dan ditutup dengan ziarah ke makam KH Abdurrahman Wahid, Jombang.

Safari bahasa dan religi ini cukup menarik karena diikuti oleh mahasiswa baru dari setiap program studi, seluruh anggota Musyrif-Musyrifah dengan didampingi oleh Pengasuh Ma’had Dr Ali Subhan MA.

Dihari pertama mahasiwa mendapat materi yang cukup padat tentang motivasi, tips-tips pentingnya belajar bahasa Arab dan Inggris, kemudian mereka diberikan game dan praktek berdialog bersama para tutor di beberapa camp bahasa. Dihari kedua, mereka dihibur dengan rekreasi dan juga penguatan kesadaan spiritual lewat ziarah di makam waliyullah.

Adanya program penguatan bahasa dan spirital ini diharapkan dapat memicu kesadaran dan keterbukaaan pemikiran mahasiswa akan kebutuhan belajar bahasa asing dalam rangka menghadapi tantangan era globalisasi ini, serta mendukung berbagai program pengembangan bahasa asing baik di lingkungan Ma’had Jami’ah maupun di kampus IPMAFA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here